Rabu, 03 November 2010

KONSEP DASAR PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI 1

PENGERTIAN SISTEM KOMPUTER
Komputer adalah sebuah mesin yang dapat diprogram untuk menerima data (input), memprosesnya untuk menghasilkan informasi (output), dan kemudian menyimpannya ke media penyimpan (Secondary Storage).

Input-Process-Output Model

– Input: keyboard, mouse, microphone, camera
– Output: disk file, printer, video monitor, sound card
– Storage: floppy disk, hard disk, zip disk, tape, flash disk, compact disk
– Process: arithmetic/logical/sorting/match operations

Komputer memiliki 3 komponen utama yaitu :

  • Hardware (Perangkat Keras) adalah peralatan yang langsung dihubungkan ke komputer. 
  • Software (Perangkat Lunak) adalah kumpulan instruksi yang memerintahkan komputer untuk melakukan sesuatu. 
  • Brainware (Manusia) merupakan orang yang menggunakan komputer untuk keperluan tertentu.

Komponen Dasar Komputer :

Motherboard : adalah papan sirkuit yang ditempeli dengan CPU, memori utama, video card, RAM, serta berbagai komponen lain yang mendukung kinerja suatu komputer.

CPU (Central Processing Unit) :

menunjuk ke bagian dari komputer yang memahami dan melaksanakan instruksi dan data yang terdapat dalam perangkat lunak. Istilah yang lebih umum prosesor kadangkala digunakan untuk menunjuk ke CPU.

Mikroprosesor :

adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket chip-tunggal. Sejak pertengahan 1970-an, mikroprosesor chip-tunggal ini telah menjadi umum dan penting dalam implementasi CPU.

Memory :

adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam urutan acak. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Hard disk (Hard Drive):

merujuk kepada sebuah komponen yang digunakan
untuk menyimpan data, yang terpasang di dalam komputer dan dapat menyimpan data dengan lebih banyak dibandingkan dengan penyimpan data portabel seperti disket, CD-ROM, atau kaset.

Floopy Drive : 

adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan fleksibel dan dilapisi lapisan plastik berbentuk kotak atau persegi panjang.

Compact Disk (CD) : adalah sebuah piringan optik yang digunakan untuk menyimpan data digital, yang pada awalnya dikembangkan untuk menyimpan audio digital.

Komponen Tambahan :
1. Sound Card
2. LAN Card
3. CD Writer / DVD Writer

sumber :www.lecturer.eepis-its.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar